Sabtu, 20 Agustus 2011

GCompris: Kumpulan Game Edukatif untuk Anak-Anak

GCompris merupakan kumpulan permainan (game) edukatif yang ditujukan untuk anak usia 2 sampai 10 tahun. GCompris dapat memberi edukasi mengenai bagaimana menggunakan mouse dan keyboard, pelajaran aritmatika (aljabar), membaca jam analog, belajar membaca, menggambar, permainan teka-teki, puzzle dan lain-lain. Meskipun GCompris ditujukan untuk anak 2 sampai 10 tahun, bukan berarti kita tidak boleh memainkannya, pada kenyataannya ada beberapa game yang cukup menantang untuk diselesaikan oleh mahasiswa seperti saya :p. Jadi, jika teman-teman ingin menghabiskan waktu dengan adik, saudara, anak atau bahkan ingin "ngabuburit nunggu bedug", silakan mainkan game edukatif GCompris.

GCompris: Kumpulan game edukatif

GCompris sudah tersedia di repository resmi Ubuntu, jadi untuk menginstalnya cukup ketik perintah berikut di Terminal:
  1. sudo apt-get install gcompris gcompris-sound-id tuxpaint gnucap gnuchess  
Perintah di atas secara otomatis akan menginstal GCompris lengkap dengan suara Bahasa Indonesia beserta permainan tambahan yang menarik untuk dimainkan.

Tidak punya koneksi Internet? Tenang saja, karena GCompris tersedia di repository resmi, kalian dapat menggunakan layanan apt-web atau qDebDownloader untuk mengunduhnya di warnet atau komputer teman yang memiliki koneksi Internet.

Jika kalian menggunakan distribusi selain Ubuntu atau bahkan pengguna Windows pun dapat mengunduh GCompris dengan meng-klik tautan ini.

"GCompris is a high quality educational software suite comprising of numerous activities for children aged 2 to 10." 
 

0 komentar:

Posting Komentar