Senin, 10 Oktober 2011

Panduan Menginstal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot


Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 13 Oktober 2011 atau sekitar 5 hari. Oleh sebab itu, pada kesempatan minggu pagi yang ceria ini saya ingin menulis mengenai panduan menginstal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Artikel ini ditujukan terutama bagi para pemula yang masih kebingungan ketika menginstal Ubuntu terutama yang menyangkut masalah partisi. Jika teman-teman sudah pernah menginstal Ubuntu sebelumnya, jangan khawatir karena instalasi Ubuntu Oneiric tidak jauh berbeda dari Ubuntu Natty. Silakan menyimak!

Pilihan untuk mencoba atau menginstal Ubuntu

Baiklah, silakan nyalakan komputer dan booting lewat Live CD Ubuntu dan tunggu sampai jendela seperti gambar di atas muncul. Jika kalian ingin mencoba Ubuntu terlebih dahulu silakan klik "Try Ubuntu", namun jika kalian ingin menginstal Ubuntu, harap klik "Install Ubuntu" sehingga gambar seperti di bawah ini muncul.

Komputer siap diinstali Ubuntu

Ubuntu akan mengecek apakah komputer kalian siap diinstali Ubuntu, pastikan kalian menyiapkan ruangan hard disk minimal 4.4 GB dan jika kalian menggunakan laptop, pastikan kabel power terhubung di laptop. Klik "Continue" untuk melanjutkan instalasi.

Pilihan untuk mengatur partisi secara manual

Sekarang saatnya mengatur partisi, jika kalian ingin menghapus seluruh isi hard diskkemudian "mengisi"-nya dengan Ubuntu, silakan pilih opsi pertama, tapi jika kalian ingin mengatur sendiri partisi yang digunakan, silakan pilih opsi nomor dua yaitu "Something else". Ini merupakan bagian yang membingungkan untuk pemula. Untungnya saya sudah membuat artikel yang lengkap mengenai membuat partisi untuk instalasi Ubuntu, bagian satu membahas bagaimana membuat partisi untuk hard disk yang masih kosong, sedangkan bagian kedua membahas bagaimana membuat partisi untuk hard disk yang sudah ada sistem operasi Windows di dalamnya. Silakan merujuk ke kedua artikel tersebut untuk penjelasan lebih lanjut.

Pengaturan partisi selesai, saatnya instal Ubuntu

Setelah kalian selesai mengatur partisi, klik "Install Now" untuk memulai proses instalasi yang sebenarnya.

Mengatur lokasi atau time zone

Mengatur layout papan ketik

Mengatur username dan password untuk login

Sembari menunggu proses instalasi yang sedang berjalan, kalian diminta untuk memasukkan informasi mengenai lokasi (time zone), layout papan ketik, dan usernameserta password untuk login ke Ubuntu. Jika semuanya sudah selesai, silakan duduk manis sambil ngemil untuk menunggu proses instalasi selesai.

Instalasi Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot masih berlanjut

Proses instalasi biasanya berlangsung 15 - 30 menit tergantung kecepatan komputer kalian.

0 komentar:

Posting Komentar